scale inhibition chemicals

Scale inhibitor adalah chemical untuk mencegah terjadinya scale (kerak). Aplikasi chemical ini perlu mendapat perhatian khusus, mengingat banyaknya masalah yang dapat ditimbulkan oleh scale. Scale dapat menyebabkan diameter pipa mengecil, sehingga kapasitasnya berkurang. Scale juga menyebabkan pompa, valve dan peralatan lainnya rusak. Selain itu, formasi menjadi tersumbat dan tekanan meningkat. Sebelum membahas scale inhibitor, sebaiknya Anda pahami dulu tentang scale agar tidak ada kesalahpahaman.

Definisi Scale dan Jenisnya
Scale adalah zat anorganik dalam air yang mengendap. Umumnya adalah jenis carbonate atau sulphate dari calcium, strontium atau barium. Dengan demikian, padatan hasil korosi, endapan lumpur, pasir, tanah, dll bukanlah termasuk scale.

Scale di Indonesia kebanyakan (sekitar 90%) adalah Calcium Carbonate (CaCO3). Adapun Calcium Sulphate (CaSO4) biasanya hanya ditemukan di Amerika Serikat. Barium Sulphate (BaSO4) dan Strontium Sulphate (SrSO4) sering ditemukan di laut utara. Untuk jenis scale yang terakhir, khususnya terdapat pada sumur yang dalam.

Tingkat Kelarutan Scale
Berikut ini adalah tingkat kelarutan scale dalam air murni pada 25 oC.

  • BaSO4 : 2.3 mg/l     
  • CaCO3 : 53 mg/l
  • SrSO4  : 114 mg/l

Pembentukan Scale

scale inhibitor rekasi

Kestabilan bergeser karena pengaruh pressure, temperatur dan pH. Kecenderungan terjadinya scale jika ada penurunan pressure, peningkatan temperatur atau naiknya pH. Scale juga terjadi akibat pencampuran dua macam air yang tidak compatible. Penurunan salinity (TDS = Total Dissolved Solid) membuat carbonates and sulphates lebih mudah mengendap.

Cara Kerja Scale Inhibitor (SI)
Oilfield chemicals ini bekerja dengan cara mengikat scale yang cenderung mengendap supaya tetap larut dan tidak mengendap. Dengan kata lain sebagai “Chelating Agent.” Pencegahan terbentuknya scale juga dilakukan dengan cara merubah bentuk kristal supaya tidak tumbuh. Kristal yang telah terbentuk menjadi lebih bulat dan mudah teurai.

SI melekat pada permukaan kristal, mencegah pertumbuhan dan mendorong penguraian kembali. Jika kristal tetap tumbuh, maka permukaannya tidak rata sehingga pertumbuhan menjadi sangat terhambat.

Jenis-jenis SI meliputi: Phosphate, Phosphate esters, Polyacrylate dan Phosphonate. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun SI yang diproduksi untuk oilfield chemicals pada umumnya dari jenis Phosponate. Jenis ini memiliki kelebihan:

  • Cocok untuk sebagian besar tipe scale
  • Stabil sampai temperature 260 deg C
  • Dapat digunakan untuk squeeze
  • Dapat dimonitor dengan mudah

Perlu diingat bahwa scale inhibitor fungsinya untuk mencegah terjadinya scale. Jika sudah tumbuh scale, maka gunakan chemical pembersih kerak atau scale remover.

Silakan share ke: