coating lantai epoxy

Mau hasil coating lantai yang optimal? Lakukan 5 tips ini agar hasilnya bagus, kuat, tahan lama, tanpa cacat mutu. Hindari kesalahan yang berdampak buruk pada hasil aplikasi coating.

1. Sempurnakan coating surface preparation

cat coating lantai epoxy

Coating surface preparation adalah tahap untuk mempersiapkan permukaan yang akan dicoating. Tahap ini harus dilakukan dengan sempurna karena merupakan kunci sukses aplikasi coating. Fokus surface preparation adalah untuk membuat permukaan menjadi bersih, kering & kasar (tidak licin). Kontaminan yang harus dibersihkan biasanya berupa:

  • Debu, pasir, lumpur
  • Grease, minyak, coolant, oli
  • Karat, scale dan deposit lainnya
  • Bahan kimia, cat lama, garam
  • Air

Proses preparasi permukaan selain harus menggunakan cleaning tools yang tepat, juga perlu menggunakan cleaning chemicals yang efektif untuk hasil yang lebih cepat dan sempurna.

2. Pilih waktu aplikasi yang tepat

cat lantai epoxy

Meski permukaan lantai sudah kering, bukan berararti sudah aman dari kontaminasi air. Kelembaban udara sangat mempengaruhi hasil coating lantai Anda. Jangan sekali-kali melakukan aplikasi coating saat kondisi hujan atau gerimis, karena saat itu kelembaban udaranya sangat tinggi dan dapat merusak hasil aplikasi coating.

Digital Psychrometer with InfraRed Thermometer

Secara umum, kelembaban yang aman untuk aplikasi coating maksimum 80%. Tapi yang lebih penting adalah memastikan bahwa suhu permukaan minimal 3oC lebih tinggi dari suhu kondensasi. Gunakan Digital Psychrometer yang dilengkapi dengan InfraRed Thermometer untuk mengukur suhu udara, suhu permukaan, kelembaban udara dan suhu kondensasi (dew point).

3. Perkuat daya rekat dengan primer coating

floor coating

Primer coating adalah lapisan dasar yang sangat diperlukan khususnya untuk memperkuat daya rekat ke lantai beton. Selain itu, juga berfungsi untuk penyeragaman kondisi lantai beton dan menutup pori-pori lantai.

4. Gunakan jenis coating epoxy self leveling
Keuntungannya, tipe coating atau cat lantai epoxy self leveling ini dapat membantu menutup lubang dan retakan pada lantai dengan sangat baik karena jenis coating ini bersifat solvent free (bebas pelarut). Lantaran bebas pelarut, maka tidak ada komponen yang menguap, sehingga level lubang yang dicoating bisa sama rata dengan lantai sekitarnya.

5. Pastikan kering sempurna sebelum digunakan

Keringnya coating epoxy bukan karena solvent yang menguap, tapi karena reaksi coating dan hardener sehingga dibutuhkan waktu lebih lama untuk kering sempurna (full cure).

Kering sempurna adalah saat ketahanan kimiawi coating sudah terbentuk dan lapisan coating sudah mengering secara menyeluruh.

Biasanya coating epoxy akan mengering sempurna dalam 7 hari setelah aplikasi. Setelah kering sempurna, lapisan coating menjadi sangat keras, tahan benturan dan tahan bahan kimia.

Pastikan ikuti 5 tips ini agar aplikasi coating lantai Anda hasilnya optimal dan memuaskan!

Silakan share ke: