Pada proses pengolahan kelapa sawit menjadi crude palm oil (CPO), membutuhkan beberapa tahapan yang memerlukan konsumsi energi listrik. Semakin besar kapasitas produksi dan banyaknya proses, konsumsi energi listrik yang diperlukan semakin tinggi.

Untuk memenuhi kebutuhan energi, pabrik kelapa sawit (PKS) dapat memanfaatkan limbah yang berupa serabut (fiber) dan cangkang (shell) sawit sebagai bahan bakar boiler penghasil uap penggerak steam turbin pembangkit listrik.

Selain steam turbin, dalam pabrik kelapa sawit juga perlu ada generator set (genset) sebagai sumber energi yang berbahan bakar solar. Genset dan steam turbine dapat beroperasi secara bergantian maupun bersama-sama. Genset dengan kapasitas 200 kW dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan domestik dan penerangan ketika pabrik dalam kondisi belum aktif dan steam turbine belum bisa bekerja. Genset dengan kapasitas 2 x 400 kW dioperasikan untuk memulai pabrik beroperasi hingga menghasilkan fiber dan shell untuk bahan bakar boiler yang jumlahnya memadai.

Genset pada industri kelapa sawit umumnya menggunakan mesin diesel sebagai pemasok listrik cadangan yang aktif beroperasi ketika boiler sedang shut down atau tekanan boiler sedang turun, untuk memastikan kebutuhan listrik terus terpenuhi sehingga pabrik kelapa sawit dapat tetap beroperasi. Meskipun genset tidak beroperasi 24 jam, namun memiliki peran yang sangat krusial sehingga kondisinya perlu dijaga dengan prima.

Generator Set (Genset)

Permasalahan
Masalah operasional mesin genset yang sering terjadi adalah overheat akibat terjadinya korosi dan kerak. Hal ini timbul akibat penggunaan coolant yang tidak sesuai standard atau karena penggunaan air biasa. Jika masalah ini tidak ditangani dengan baik, tentu akan sangat merugikan perusahaan karena dapat menyebabkan produksi terhenti untuk sekian lama karena rusaknya sumber energi.

Korosi dan Scale

Solusi Overheat

Untuk mencegah korosi dan scale pada mesin genset yang dapat menyebabkan overheat, solusinya adalah penggunaan radiator coolant yang baik. Eonchemicals menyuguhkan formula GreenCool 488, radiator coolant siap pakai untuk sistem pendingin. Produk ini mengandung corrosion inhibitor dari golongan Organic Acid Technology (OAT), anti kerak dan pencegah fouling pada sistem pendingin siklus tertutup. Diformulasikan khusus untuk mencegah terjadinya overheating, karat dan kerak.

Berikut ini adalah aplikasi GreenCool 488 pada genset salah satu customer Eonchemical. Aplikasi GreenCool 488

Dengan menggunakan radiator coolant yang tepat dan monitoring rutin, maka performa genset Anda dapat terjaga secara maksimal.

Silakan share ke: