air radiator coolant yang bagus

Air radiator coolant yang bagus tidak hanya merupakan air pendingin radiator saja, tapi juga mengandung corrosion inhibitor dan passivating agent untuk mencegah terjadinya korosi. Mengapa demikian? Baca penjelasannya di bawah ini…

Tidak semua energi yang terkandung dalam bahan bakar pada mesin dapat diubah menjadi tenaga mekanik. Sebagian engeri tersisa sebagai panas. Panas diserap oleh coolant yang ada pada dinding-dinding bagian tabung silinder yang membentuk ruang pembakaran. Demikian pula bagian-bagian dari kepala silinder didinginkan dengan coolant. Salah satu contoh sistem pendingin yang biasa digunakan pada mesin diesel baik kendaraan, generator maupun kompresor adalah radiator.

Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada sistem pendingin sehingga kerja sistem pendingin kurang efektif. Efeknya adalah engine tidak mengalami pendinginan yang optimal sehingga terjadi overheating. Kondisi overheating yang berkelanjutan dapat menyebabkan mesin mati mendadak atau bahkan rusak. Berikut 4 masalah korosi yang sering terjadi pada sistem pendingin dan radiator.

  • Korosi oksidasi, ini adalah jenis korosi yang paling umum
  • Korosi kavitasi, disebabkan karena pecahnya gelembung-gelembung udara di permukaan metal yang terjadi berkali-kali sehingga terbentuk lubang pada permukaan metal tersebut
  • Korosi pitting, jenis korosi paling berbahaya karena dapat menyebabkan kebocoran paling cepat.
  • Korosi galvanis, disebabkan oleh adanya beda potensial antara dua logam
air radiator coolant terbaik

Korosi pada sistem pendingin dapat menyebabkan logam pada sistem pendingin terkelupas hingga mengalami kebocoran. Kebocoran pada sistem pendingin dapat menyebabkan berkurangnya volume coolant, sehingga engine berpotensi mengalami overheating. Masalah korosi ini harus dicegah, salah satunya dengan  menambahkan corrosion inhibitors pada coolant.

Problem Solving
Untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut, Eonchemicals merekomendasikan Radcool 400, formula air radiator coolant terbaik untuk menjaga mesin tetap dalam keadaan bersih dan untuk menekan biaya operasional. Sedangkan untuk membersihkan radiator, gunakan cairan pembersih radiator Eonradflush 410.

Formula ini merupakan corrosion inhibitor berbasis nitrite dan passivating agent yang didesain untuk sistem pendingin air siklus tertutup. Efektif menangani masalah korosi dalam sistem pada carbon steel. Lapisan oksida yang terbentuk bersifat stabil dan berfungsi untuk mencegah karat yang disebabkan oleh hasil elektrolisis jenis logam metal berbeda yang digunakan dalam sistem.

Kelebihan dan Manfaat Radcool 400

  • Mampu mencegah terjadinya karat, endapan dan fouling untuk menjaga efisiensi pendingin pada sistem tertutup
  • Mampu mencegah terjadinya kavitasi dan pengikisan
  • Kompatibel dengan glycol sebagai carian anti beku
  • Aman untuk karet dan bagian mesin lainnya
  • Pemakaiannya hemat, karena dapat diencerkan menggunakan air dengan perbandingan 1 : 32 ( 1000 ppm nitrit )

 Untuk info lebih lanjut atau konsultasi tentang air radiator coolant yang bagus silakan chat via WA.

Silakan share ke: