alkali cleaner di industri steel

Proses cleaning atau pembersihan dengan alkali cleaner merupakan salah satu proses yang mesti dilakukan dalam industri steel. Fungsinya untuk membersihkan rolling oil atau kontaminan lainya pada permukaan strip sebelum dilakukan proses coating. Proses cleaning tidak lepas dari kebutuhan cleaner yang mampu bekerja dengan baik sehingga output yang dihasilkan dapat memenuhi harapan.

Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada saat proses coating steel yang diakibatkan oleh proses cleaning yang kurang baik, salah satunya adalah terjadinya uncoated (tidak terlapisi coating). Uncoated pada permukaan strip dapat merugikan perusahaan karena nilai jual produk menjadi lebih murah. Jika problem ini tidak dapat diatasi, tentu akan sangat merugikan perusahaan.

Guna menghindari problem tersebut maka dilakukan beberapa cara agar proses pembersihan dapat berkerja dengan optimal, salah satunya adalah dengan menggunakan steam / hot cleaning maupun dengan alkali cleaner.

Penggunaan steam dapat mempermudah proses cleaning, karena rolling oil dan kontaminan lain pada permukaan strip jadi lebih mudah dihilangkan. Akan tetapi biaya produksi makin meningkat karena membutuhkan gas yang tidak sedikit untuk memproduksi steam.

Salah satu customer memerlukan biaya kurang lebih Rp 66 juta per minggu untuk proses produksi steam.

Tanpa disadari oleh costumer, ini merupakan masalah! Mengapa? Karena pada dasarnya dengan biaya produksi yang tinggi akan mempengaruhi harga jual produk. Saat ini banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menurunkan biaya produksi agar harga produk mereka dapat bersaing di pasaran.

Apa solusinya?
Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan EonEolectrol 300, chemicals alkali cleaner yang dapat membersihkan permukaan strip dari rolling oil dan kontaminan lainya pada saat proses cleaning tanpa harus menggunakan steam. Cara ini sangat praktis dan dapat menghemat biaya produksi dengan kualitas hasil yang terjaga baik.

EonElectrol 300 adalah pembersih plat baja tanpa memerlukan steam atau temperatur proses yang tinggi. Memiliki daya bersih yang sangat baik pada suhu kamar, 25 Celcius deg. Pembilasan dapat menggunakan suhu kamar sampai suhu 60 C tergantung kondisi lapangan.

hasil alkali cleaner eonchemicals

Trial di salah satu customer berlangsung selama 7 hari dengan hasil sangat memuaskan. Dilakukan pada mesin MCL 1 dengan temperatur 25 hingga 33 Celcius. Untuk 1 tote tank dapat membersihkan hingga 2717,21 Ton, dengan estimasi konsumsi 0,38 Kg/Ton. Kondisi trial alkali cleaner selengkapnya dapat dilihat pada tabel.

Kualitas hasil finish good pun mengalami peningkatan dari 2717,21 ton, didapat hasil 96,51% product prime (yang bernilai tinggi).

Merujuk kepada skema perhitungan konsumsi steam didapatkan hasil dengan menggunakan produk alkalline cleaning EonElectrol 300 mampu menghemat biaya hingga Rp 266.000.000 / bulan.

Seiring dengan menurunnya biaya operasional dan makin mudahnya proses pembersihan, masalah over flow foaming pun dapat teratasi. Dengan demikian, alkali cleaner EonElectrol 300 adalah produk solusi yang dapat mengatasi beberapa masalah sekaligus.

alkali cleaner chemical pembersih

Konsultasi lebih lanjut tentang cleaning chemicals dengan alkali cleaner atau jenis lainnya silakan chat dengan kami.

Silakan share ke: