biodiesel problem

Biodiesel problem atau masalah yang terjadi pada pemakaian biodiesel adalah adanya bakteri yang menghasilkan slime dan menyumbat filter. Biodiesel B20 merupakan bahan bakar mesin diesel yang memiliki campuran minyak nabati sebesar 20%.

Biodiesel B20 adalah program yang dicanangkan oleh pemerintah yang mewajibkan pencampuran 20% biodiesel dengan 80% bahan bakar minyak jenis solar. Program ini telah efektif dijalankan mulai Januari 2016 sesuai Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) nomor 12 tahun 2015.

Berdasarkan peraturan tersebut di atas, sektor yang harus menggunakan Biodiesel B20 adalah usaha mikro, usaha perikanan, usaha pertanian, transportasi dan pelayanan umum/ PSO (Public Service Obligation); transportasi non PSO; industri dan komersial; serta pembangkit listrik.

Berdasarkan pengalaman di salah satu customer, efek dari penggunaan bahan bakar tersebut adalah periode penggantian filter pada unit yang menjadi lebih pendek yang disebabkan oleh bakteri yang terbentuk pada Biodiesel B20.

biodiesel problem

Penggantian filter yang selama ini dapat berlangsung selama sekali dalam satu bulan menjadi dua kali dalam satu bulan. Tentu hal ini adalah problem yang berefek terhadap operasional unit yang tidak maksimal karena durasi penggantian filter yang lebih sering dan ada penambahan biaya dari penggantian filter tersebut.

Solusi yang direkomendasikan untuk mengatasi biodiesel problem adalah menggunakan Eonbio fuel 3075 yang efektif untuk membunuh bakteri pada biodiesel B20, sehingga dapat mengurangi durasi penggantian filter.

Pengujian dilakukan dalam skala lab di salah satu customer, menggunakan Sanicheck dengan tujuan untuk melihat dan membandingkan pertumbuhan bakteri antara Biodisel B20 yang menggunakan Eonbio Fuel 3075 (Treat) dan tanpa menggunakan Eonbio Fuel 3075 (Blank).

Hasil Test Lab

masalah biodiesel problems

Kesimpulan:

  • Pada hari ke-2 sample blank telah tumbuh bakteri (warna kehitaman), sedangkan sample treat tidak ada
  • Pada hari hari ke-3 bakteri pada sample blank menjadi lebih banyak sedangkan sample treat tidak terjadi pertumbuhan bakteri
  • Eonbio Fuel 3075 efektif untuk menekan pertumbuhan bakteri, sebagai solusi untuk biodiesel problem yang merugikan

Baca juga : Maintenance Chemicals : Bahan Kimia untuk Perawatan

Silakan share ke: