boiler problems pabrik kelapa sawit pks

Istilah boiler problems didefinisikan sebagai masalah-masalah atau problem yang terjadi pada boiler. Secara umum terbagi atas 2 bagian, yaitu problem di bagian air dan problem di bagian api. Problem di bagian air biasanya berupa kerak dan korosi, sedangkan problem di bagian api adalah rendahnya efisiensi pembakaran. Kedua problem tersebut dapat diatasi dengan boiler chemical water side dan boiler chemical fire side.

Problem Kerak dan Solusinya

Problem kerak atau scale adalah merupakan boiler problems yang paling umum. Kerak yang menempel pada dinding pipa boiler membuat diameter pipa menyempit. Adanya kerak dalam pipa menyebabkan dampak negatif berupa: (1) Diameter pipa menyempit sehingga kapasitasnya berkurang, dan (2) Terjadi over heating karena dengan adanya lapisan kerak yang bersifat isolator (bukan penghantar panas yang baik), maka diperlukan panas yang berlebih.

Problem kerak disebabkan oleh kualitas air umpan (feed water) yang kurang baik. Tingkat kesadahannya masih tinggi, sehingga dengan adanya panas di dalam boiler akan terbentuk kerak. Masalah boiler ini dapat dicegah dengan mencanangkan water treatment plant yang baik. Plant ini bertujuan untuk menghasilkan feed water yang lebih baik. Untuk menyempurnakan plant ini, perlu ada injeksi kimia scale inhibor yang merupakan boiler chemical untuk pencegahan timbulnya kerak.

Bagaimana solusinya jika sudah terlanjur terbentuk kerak? Gunakan scale remover untuk menangani masalah boier Anda tersebut! Sesuai dengan namanya, scale remover berfungsi untuk menghilangkan scale yang telah terbentuk.

Problem Korosi dan Solusinya

Problem korosi atau karat juga merupakan boiler problems yang sering terjadi. Adanya masalah korosi dalam pipa menyebabkan dampak negatif berupa: (1) Ketebalan pipa berkurang, pipa makin rapuh (2) Penyumbatan dan penumpukan endapan hasil korosi (3) Pipa pecah. Problem korosi pada boiler selain dapat terjadi di bagian air (water side), juga dapat terjadi di bagian api (fire side).

Problem korosi pada boiler biasanya disebabkan oleh air umpan atau feed water yang masih mengandung kadar oksigen cukup tinggi, kebocoran sistem, adanya deposit (under deposit corrosion). Problem ini dapat dicegah dengan menyediakan plant untuk mengurangi kadar oksigen yang disertai dengan injeksi oxygen scavenger. Selain menggunakan boiler chemical yang berfungsi untuk mengurangi kadar oksigen, juga perlu injeksi corrosion inhibitor untuk menghambat timbulnya korosi.

Bagaimana solusinya jika sudah terlanjur terbentuk korosi? Gunakan rust remover untuk menanganinya! Sesuai dengan namanya, rust remover berfungsi untuk menghilangkan karat yang telah terbentuk.

Problem Efisiensi Pembakaran dan Solusinya

Di boiler fire side (bagian api), sering kali terjadi problem efisiensi pembakaran. Misalnya api kurang panas, boros bahan bakar, pembakaran tidak sempurna, menyisakan banyak residu, asap menghitam, dll. Boiler problems ini tentu saja sangat merugikan karena dapat menurunkan produksi uap, dan meningkatnya biaya operasional.

Problem efisiensi pembakaran biasanya disebabkan oleh rendahnya kualitas bahan bakar. Maka solusinya adalah menggunakan Solid Fuel Additive yang dapat membantu bahan bakar untuk mencapai nilai pembakaran maksimum. Formula ini cocok untuk bahan bakar cangkang dan serabut pada industri kelapa sawit. Aplikasinya sangat mudah, tanpa perlu dilakukan pencampuran secara khusus. Sedangkan untuk bahan bakar batubara, solusinya bisa menggunakan Coal Fuel Additive.

Jadi, untuk menangani problem kerak dan korosi gunakanlah boiler water treatment dan untuk menangani problem pembakaran gunakan fuel additive.

Apakah ada boiler problems di tempat Anda? Silakan konsultasikan dengan kami…

Silakan share ke: