boiler water treatment chemicalsBoiler water treatment adalah bagian dari program perawatan boiler dengan boiler chemical yang diaplikasikan di fasa air. Adapun jenis chemical yang dipakai dalam water treatement tersebut meliputi chemicals untuk penjernihan air, penghambat kerak, penghambat korosi, kontrol pH dan untuk kontrol Oksigen.

Boiler Water Treatment untuk Penjernihan Air

Air umpan boiler atau boiler feed water biasanya bersumber dari air hujan atau air sungai yang kotor. Proses penjernihannya menggunakan beberapa alat dan bahan kimia. Adapun peralatan yang digunakan meliputi kolam penampungan air, clarifier tank, sand filter, water tower, cation exchange tank, degasifier tank dan anion exchange tank. Adapun chemicals yang digunakan adalah soda ash untuk mengatur pH dan koagulan untuk mengendapkan lumpur. Lebih jelasnya, silakan baca artikel tentang water treatment plant pabrik kelapa sawit yang sudah diposting sebelumnya.

Boiler Treatment untuk Penghambat Kerak

Kerak merupakan sumber boiler problems yang harus diwaspadai. Dengan adanya kerak, efisiensi boiler menurun. Diameter efektif pipa boiler mengecil. Untuk mencegah boiler problems ini digunakan scale inhibitor chemical, bahan kimia untuk penghambat pertumbuhan kerak.

Boiler Treatment untuk Penghambat Korosi

Korosi juga merupakan sumber boiler problems yang harus diwaspadai. Korosi dapat menyebabkan pipa menipis dan bocor. Untuk mencegah korosi digunakan corrosion inhibitor chemical, bahan kimia untuk penghambat pertumbuhan korosi.

Solusi Masalah Kerak dan Korosi

Untuk mengatasi kedua problem di atas Eonchemicals menyuguhkan EONTREAT B9110. Formula ini mengandung bahan kimia oxygen scavenger, scale inhibitor dan pengontrol pH / alkalinitas, sehingga dapat digunakan untuk mencegah kerak dan korosi sekaligus.

Boiler Treatment untuk Kontrol pH

Eon juga menyediakan EONALKALOX B1414, chemical berbentuk cairan untuk mengontrol pH/Alkalinitas. Versi padatnya bernama EONALKALOX B1717.

Boiler Treatment untuk Kontrol Oksigen

Chemical untuk kontrol oksigen disebut Oxygen Scavenger, dengan brand EONOXY B8155. Boiler chemical ini akan menangkap oksigen terlarut dalam air umpan sehingga tidak masuk ke dalam sistem boiler sehingga korosi dapat dihindari. Hali ini karena dengan hilangnya kandungan oksigen di dalam air, korosi yang terjadi karena reaksi katoda anoda dapat dihindari.

Untuk konsultasi tentang boiler water treatment lebih lanjut, silakan hubungi kami.

Silakan share ke: