cara menambal tangki solar bocor

Cara menambal tangki solar bocor ini sangat mudah, karena tidak memerlukan skill khusus sehingga siapapun dapat melakukannya. Juga sangat praktis, karena tidak perlu repot-repot mempersiapkan peralatan yang rumit seperti pada proses pengelasan.

Korosi adalah permasalahan yang sangat umum terjadi pada tangki yang berbahan dasar baja. Hal ini terjadi karena kandungan yang terdapat dalam tangki tersebut, atau tidak adanya perlindungan anti karat di dalam maupun di lapisan luar tangki. Korosi pada tangki menyebabkan baja menjadi rapuh dan akhirnya menjadi bocor.

Salah satu cara yang umum digunakan dalam mengatasi masalah jika terjadi kebocoran ialah dengan menambal bagian yang bocor menggunakan las. Namun perlu diketahui bahwa cara ini akan menyebabkan permasalahan lanjutan, karena las menghasilkan panas yang dapat menyebabkan perubahan struktur mikro pada baja, sehingga baja menjadi lebih getas.

Eonchemicals hadir menawarkan sebuah cara menambal tangki solar bocor tanpa pengelasan, tanpa menghasilkan panas dengan produk METBOND 581. Produk ini merupakan cold welding compound yang aplikasinya sangat mudah dan praktis.

cara menambal tangki solar bocor dengan metbond

METBOND 581
Adalah metal repair yang terbuat dari keramik berkinerja tinggi yang dikembangkan khusus untuk membangun kembali komponen logam di lingkungan aliran fluida yang rusak karena erosi atau karena korosi. Produk inilah yang membuat cara menambal tangki solar bocor menjadi mudah, sangat ideal untuk solusi mengatasi kebocoran. METBOND 581 tahan terhadap korosi dan erosi, daya rekat terhadap metal sangat baik dan membentuk lapisan pelindung yang sangat keras.

Aplikasi METBOND 581

Membersihkan Permukaan

  • Metal harus dibersihkan dari debu, oli, gemuk dan kontaminasi lainnya dengan sabun atau solvent pembersih dan menggunakan sikat jika diperlukan
  • Jika permukaan metal sudah tidak ada kontaminasi, lanjutkan dengan proses penambalan

Cara Menambal Tangki Bocor

  • Campurkan METBOND 581 bagian A dan B dengan perbandingan volume 5:1
  • Aduk hingga benar-benar homogen
  • Aplikasikan METBOND 581 dengan kuas, atau spatula
  • Aplikasikan dengan metode silang pada permukaan metal sebanyak 2 kali, hingga ketebalan lapisan atau perekat mencapai 0,2 sampai 0,5 mm
  • Lapisan perekat harus dipadatkan, sehingga tidak ada yang merembes ke substrat
  • Untuk proteksi luas, bisa dikuas 2 hingga 3 kali
  • Kering sentuh dicapai setelah 45 menit dan kering sempurna setelah 24 jam

Metbond juga dapat diaplikasikan untuk peralatan logam lainnya yang bocor atau aus. Informasi lebih lanjut tentang cara menambal tangki solar bocor silakan hubungi kami.

Silakan share ke: