cara mengatasi kebocoran

Metbond 581 seperti terlihat pada foto di atas mampu mengatasi kebocoran berbagai peralatan yang terbuat dari plastik maupun besi tanpa pengelasan dan tanpa harus menghentikan proses produksi. Chemical ini merupakan komponen berbahan dasar keramik yang memiliki kemampuan daya rekat yang sangat kuat, memiliki ketahanan temperatur hingga 150 oC dan ketahanan terhadap tekanan hingga 30 bar.

Berbagai peralatan bocor yang pernah ditangani adalah tangki bahan bakar kendaraan tambang, tangki coolant mesin CNC, tangki kernel pabrik kelapa sawit dan pipa HDPE di perusahaan tambang.

cara mengatasi kebocoran tangki bahan bakar

Kebocoran pada tangki bahan bakar kendaraan tambang memang menjadi hal yang umum. Hal ini dapat dikarenakan oleh beberapa hal. Pertama, karena jalan hauling tambang yang berbatu. Benturan batu dengan tangki yang cukup sering dapat menyebabkan kebocoran tangki. Kedua, kebocoran dapat terjadi karena kualitas bahan bakar yang kurang baik.

Bahan bakar kendaraan tambang merupakan solar industri, berbeda dengan solar SPBU yang memiliki tingkat pengotor yang lebih sedikit. Pengotor, terutama air inilah yang dapat menyebabkan timbulnya kerak dan korosi yang membuat tangki bahan bakar bocor.

Sebelumnya, untuk menambal tangki bahan bakar diperlukan proses pengurasan, pembongkaran dan pengelasan yang memakan waktu lama.

Dengan Metbond 581, tidak diperlukan tahap-tahap tersebut di atas, dan tidak perlu pengelasan. Aplikasi Metbond 581 cukup dengan menambahkannya ke bagian yang bocor.

cara mengatasi kebocoran

Mesin Computer Numerical Control (CNC)  merupakan sistem otomasi mesin perkakas yang dioperasikan oleh perintah yang terprogram. Mesin inilah yang dipakai untuk pengerjaan logam di industri modern.

Mesin CNC mempunyai tangki untuk menampung coolant atau metalworking fluids yang biasa disebut dengan “Tanki Coolant.”

Tangki coolant sering mengalami kebocoran karena korosi yang disebabkan oleh sludge yang menempel pada dinding tangki. Terkadang mesin CNC tidak bisa dihentikan karena tingginnya target produksi. Karena itu dibutuhkan cara mengatasi kebocoran tangki coolant yang aplikasinya tidak harus memberhentikan mesin CNC, yaitu Metbond 581.

Tangki kernel di pabrik kelapa sawit yang bocor juga telah ditangani dengan baik menggunakan Metbond.

cara mengatasi kebocoran

Selain untuk mengatasi kebocoran peralatan yang terbuat dari besi, Metbond 581 juga dapat digunakan untuk menambal kebocoran peralatan yang terbuat dari plastik. Misalnya untuk mengatasi pipa HDPE yang bocor.

Pipa HDPE (High Density Poly Ethylene) adalah pipa plastik berdensitas tinggi yang banyak digunakan pada industri mining. Kebocoran pipa HDPE pada pit memang menjadi hal yang umum, hal tersebut disebabkan beberapa hal.

  • Pertama, karena umur pipa yang sudah lama
  • Kedua, kebocoran dapat terjadi karena pipa HDPE terpapar panas dan hujan

Metbond 581 adalah solusi yang sangat tepat untuk mengatasi kebocoran pipa HDPE, karena:

  • Pipa HDPE yang bocor tidak perlu dipotong
  • Penanganannya lebih cepat dan simpel, karena dapat menjangkau titik masalah dengan lebih mudah

Baca juga : Cold Welding – Prosedur Aplikasi Metbond untuk Mengatasi Kebocoran.

Silakan share ke: