coolant equipment sum cleaner

Coolant equipment adalah sejumlah peralatan yang dibutuhkan pada aplikasi coolant atau metalworking fluids di lapangan. Meliputi: oil skimmer, refractometer, coalescers, HSDB centrifuge, recycle system, drum top sump cleaner, inline mixer, sump cleaner.

Oil Skimmer

coolant equipment

Oil skimmer fungsinya untuk membersihkan free tramp oil (oil yang mengapung di permukaan). Pembersih tramp oil ini memiliki 3 jenis yaitu: sabuk, roda, dan tali.

Refractometer

coolant tools

Refractometer berfungsi untuk mengukur konsentrasi coolant. Masukkan sampel di tray kaca, dan lihat hasilnya pada pangkal teropong. Untuk digital refratometer (gambar sebelah kanan), masukkan 1 atau 2 tetes sampel dan tekan tombol untuk membacanya. Hasil pengukuran dapat dilihat pada display.

Keunggulan Digital Refractometer

  • Pengukuran konsentrasi lebih cepat dan mudah
  • Akurat pada suhu 0 oC sampai 50 oC

Coalescers

Solusi untuk disperse tramp oil. Prinsip kerjanya dengan menggabungkan butiran minyak agar menjadi besar, sehingga terapung.

HSDB Centrifuge

Jika oil skimmer hanya untuk mengatasi masalah free tramp oil, maka High Speed Disk Bowl (HSDB) centrifuge dapat digunakan untuk semua jenis tramp oil (free tramp oil, disperse tramp oil dan emulsified tramp oil). Secara umum, coolant equipment ini mampu memisahkan liquid yang tidak larut dari liquid yang berbeda specific gravitasinya. Kecepatan kerjanya hingga 60 GPH (Gallon Per Hour).

peralatan coolant

Recycle System

Coolant equipment ini berfungsi untuk pemurnian metal coolant khususnya dari tramp oil serta kontrol konsentrasi coolant dan make up secara otomatis. Recycle system dilengkapi dengan high speed centrifuge.

Drum Top Sump Cleaner

Drum top sump cleaner adalah unit vacuum untuk membersihkan kotoran pada coolant dengan cara menyedotnya.

Inline Mixer

Inline mixer fungsinya untuk pembuatan premix (pencampuran coolant + air) secara otomatis. Dengan menggunakan alat ini berarti Anda tidak perlu repot-repot membuat larutan coolant secara manual.

Sump Cleaner

coolant equipment

Untuk membersihkan (menyedot) chips agar coolant dapat dikembalikan ke tangki. Chips adalah limbah logam yang merupakan hasil pengerjaan logam (pemotongan, penghalusan, pembubutan, pemboran, dll).

Sumber: masterfluidsolutions.com

Baca juga: Coolant Solution | Mengatasi Berbagai Masalah Coolant di Lapangan

Untuk info lebih lanjut tentang coolant equipment silakan hubungi kami.

Silakan share ke: