perawatan mesin cnc dengan coolant

Perawatan mesin CNC (Cumputer Numerical Control) perlu mendapat perhatian serius. Mesin ini digunakan untuk pengerjaan logam seperti pembubutan, pemboran, pemotongan logam dll. Salah satu masalah yang sering terjadi pada mesin bubut CNC adalah korosi pada part-part mesin.  Korosi ini dapat dicegah apabila menggunankan metalworking fluid (coolant) yang berkualitas tinggi. EONTRIM C385 merupakan coolant mesin bubut jenis sintetik yang secara efektif mencegah korosi pada part-part mesin CNC sehingga dapat mengurangi waktu maintenance dan meningkatkan produktivitas mesin CNC.

Artikel ini merupakan sharing keberhasilan problem solving Eonchemicals di salah satu customer.

Detail Problem
Part-part pada mesin CNC milik salah satu customer di Palembang sangat cepat timbul korosi. Dalam waktu 1 hingga 3 hari setelah dilakukan pergantian maupun maintenance part, korosi secara visual sudah terlihat jelas. Hal ini sangat merugikan karena user lebih sering melakukan perawatan mesin CNC dan pergantian part sehingga produktivitas menurun dan biaya operasional meningkat.

Solusi
Untuk mengatasi masalah ini, kami melakukan uji coba lapangan atau field trial coolant mesin bubut EONTRIM C385. Adapun spesifikasi coolant tersebut adalah sebagai berikut:

  • Berwarna kuning terang (light yellow), jernih dan rendah foaming sehingga object bubut dapat terlihat dengan jelas
  • Mengandung corrosion inhibitor sehingga dapat memproteksi part-part mesin CNC dari problem korosi secara efektif

Aplikasi Coolant

  • Untuk light hingga moderate duty, EONTRIM C385 dapat diaplikasikan dengan konsentrai 5-7 %
  • Untuk moderate hingga heavy dutty, EONTRIM C385 dapat diaplikasikan dengan konsentrasi 7-10%

Hasil Trial

metal coolant

Hingga hari ke-14 dilakukan trial EONTRIM C385 tidak ditemukan karat pada part-part mesin CNC. Padahal, sebelumnya problem karat sudah muncul pada hari pertama hingga ke tiga.

Kesimpulan
Berdasarkan hasil uji coba di lapangan, EONTRIM C385 terbukti memiliki daya proteksi yang jauh lebih lama dibanding coolant yang dipakai sebelumnya.

Dengan demikian, user bisa menghemat waktu dan tenaga untuk merawat mesin CNC. Biaya perawatan menurun, dan produktivitas meningkat.

Hal ini membuat user merasa puas dan merekomendasikan pemakaian metalworking fluid EONTRIM C385 untuk perawatan mesin CNC mereka.

Silakan share ke: