fire suppressant suppression system

Belum menggunakan fire suppressant chemicals untuk mengatasi swabakar batubara di tempat Anda? Baca tuntas artikel ini! Penanganan self combustion atau swabakar batubara harus segera dilakukan supaya tidak menyebar luas pada tumpukan atau stockpile.

Batubara yang terdapat di Indonesia kebanyakan dapat terbakar dengan sendirinya (swabakar). Swabakar diawali dengan terserapnya oksigen pada suhu rendah. Potensi terjadinya swabakar dapat dikurangi dengan beberapa tindakan seperti pada artikel tentang solusi coal self heating yang telah ditulis sebelumnya di website ini. Adapaun dalam artikel ini dibahas cara penanganannya jika sudah terjadi swabakar.

Pada umumnya, penanganan swabakar batubara tidak menggunakan fire suppressant chemical, tapi menggunakan alat berat excavator untuk memisahkan batubara yang sudah terbakar supaya suhu batubara turun dan padam.

Namun jika hanya dengan cara mekanikal ini, pemadaman membutuhkan waktu yang lama karena batubara yang terbakar memiliki suhu 300 – 500 C bahkan lebih, tergantung dari kualitas batubara itu sendiri. Terkadang di lapangan menggunakan bantuan air untuk memadamkannya, namun tidak efektif karena air cepat menguap.

Jika merasa sudah sangat sulit dipadamkan, tidak menutup kemungkinan batubara yang sudah terbakar tersebut akan dipisahkan dan dibiarkan terbakar sampai habis. Permasalahan ini tentu sangat merugikan bagi pemilik batubara itu sendiri, baik dari segi ekonomis karena “uangnya” terbakar habis maupun dari kerugian pencemaran akibat gas yang dihasilkan oleh batubara terbakar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Eonchemicals memberikan solusi berupa foam khusus untuk memadamkan swabakar batubara, FireShield 108 yang berfungsi sebagai fire suppressant. Diformulasikan khusus menggunakan surfactant dan fire retardant yang memiliki fungsi cepat memadamkan swabakar batubara. FireShield 108 ini pun pemakaiannya sangat ekonomis, mampu memadamkan swabakar batubara hanya dengan konsentrasi 1 hingga 3% saja.

Selain itu, FireShield 108 menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, tidak beracun dan biodegradable.

fire suppressant suppression system

Success Story
Salah satu customer di Kalimantan sering mengalami swabakar batubara yang berada di stockpile. Untuk mengatasinya membutuhkan waktu lama karena menggunakan excavator.Semakin lama proses pemadaman batubara, maka semakin banyak batubara yang habis terbakar. Belum lagi karena keterbatasan alat berat (excavator) di lapangan, sehingga potensi meluasnya swabakar semakin tinggi. 

Eonchemicals memberikan solusi dengan penggunaaan produk FireShield 108. Suhu batubara saat terbakar mencapai 548 deg C. Setelah dipadamkan menggunakan FireShield 108, suhu turun hingga 37deg C hanya dalam waktu 5 menit.  

Pemadaman dilakukan menggunakan pompa dan stick nozzle. Stick nozzle ditancapkan ke titik sumber apinya langsung sehingga pemadaman dilakukan tanpa membuka tumpukan batubara dan tidak membutuhkan bantuan alat berat excavator. 

Proses aplikasi FireShield 108 

  • Encerkan FireShield 108 hingga 1-3%. 
  • Aplikasikan larutan FireShield 108 langsung ke sumber api
  • Semprotkan hingga swabakar padam 

Baca artikel terkait: Coal Dust Suppressant Chemical Penahan Debu Batubara yang Efektif.

Untuk diskusi lebih lanjut mengenai chemical fire suppressant atau fire suppression system untuk solusi swabakar batubara silakan chat dengan kami

Silakan share ke: