grease anti karat

Belum pakai grease anti karat dan tahan panas tinggi? Tahukah Anda, komponen listrik yang berkarat jika dibiarkan dapat menimbulkan kebakaran? Tahun 2015 di Jakarta terjadi 685 kasus kebakaran yang dipicu oleh beberapa penyebab (kompor, listrik, rokok, dll). Ternyata, kasus kebakaran tersebut paling banyak disebabkan oleh listrik.

Berikut data penyebab kebakaran di Jakarta tahun 2015:

  • Kompor : 37 Kasus
  • Listrik : 376 Kasus
  • Rokok : 13 Kasus
  • Lain-Lain : 259 Kasus
grease anti karat

Dari 685 kasus kebakaran tersebut, lebih dari 50 persen diakibatkan oleh korsleting listrik. Masalah ini terjadi karena adanya panas berlebih pada rangkaian listrik yang berpotensi menjadi penyebab kebakaran. Mengapa?

Ketika terjadi panas berlebih pada rangkaian listrik, arus listrik akan tetap mengalir pada rangkaian, sehingga panas semakin tinggi. Salah satu faktor terbesar yang dapat menyebabkan panas berlebih adalah karena komponen listrik berkarat yang dibiarkan. Masalah karat biasanya disebabkan oleh kondisi lingkungan yang lembab atau terbuka.

Coba Anda bayangkan, betapa besar potensi bahaya dan kerugian yang ditimbulkan hanya karena masalah komponen listrik yang berkarat!

Bagaimana Solusinya?
Banyak orang melakukan tindakan preventif (pencegahan) agar komponen listrik tidak berkarat dengan menggunakan grease pada saat assembly. Tapi apakah Anda yakin hanya dengan menggunakan grease biasa dapat mencegah terjadinya karat dan mencegah terjadinya panas berlebih?

Eonchemicals siap memberikan solusi untuk masalah tersebut dengan memberikan rekomendasi produk pelumas Molykote yang tepat guna. Anda akan didukung oleh para ahli yang siap mendampingi Anda untuk memecahkan masalah tekait pelumasan, antara lain:

  • Survey lapangan
  • Konsultasi online dan offline (on site)
  • Menyiapkan proposal no cure no pay
  • Menunjukkan data cost saving pra trial

Success Story

Ada salah satu pengalaman kami yang ekstrim. Disebut ekstim karena masalah ini justru terjadi di industri pembangkit listrik, di switch yard.

Customer mengeluhkan masalah hot spot (panas belerbih) pada komponen listrik seperti baut pada sutet/tower, akibatnya hambatan listrik menjadi tinggi. Hambatan listrik yang tinggi dapat menyebabkan short ataupun korsleting. Adapun data LETS (Load, Environment, Temperature & Speed) adalah sebagai berikut:

  • Load : High
  • Environment : Outdor
  • Temperature : 30,8 deg.C
  • Speed : 0 (Diam)

Solusi
Untuk mengatasi masalah tersebut, Eonchemicals menggunakan pelumas Molykote HSC Plus (conductor grease tahan panas tinggi, anti karat).

Hasil Ketahanan Terhadap Karat

Setelah dilakukan trial terlihat perbedaan pada kondisi baut dimana baut yang dilapisi Molykote HSC plus tidak mengalami perubahan bentuk (berkarat) karena baut terjaga dan terlindungi Molykote HSC plus.

Selanjutnya dilakukan pengujian untuk melihat efektifitas Molykote HSC Plus dalam menahan arus dan sifat konduktor greasenya.

Hasil Pengaruh Nilai Rambatan
Setelah aplikasi dapat dilihat bahwa nilai rambatan yang dihasilkan sebelum dan sesudah menggunakan Molykote HSC Plus jauh berkurang, sehingga dapat disimpulkan bahwa Molykote HSC Plus efektif untuk menahan arus yang lost dan bersifat konduktor.

conductor grease anti karat

Molykote HSC Plus
Molykote HSC PLUS merupakan conductor grease yang dapat memberikan perlindungan terhadap karat/korosi, mampu menahan beban berat dan dapat menghantarkan panas dengan baik sehingga dapat membantu menurunkan hambatan listrik.

grease anti karat tahan panas tinggi

Dengan service temperature hingga 100 deg.C (lihat tabel di atas) maka Molykote HSC Plus tergolon grease tahan panas tinggi.

Molykote HSC Plus dapat diaplikasikan pada berbagai komponen listrik yang bersifat logam sebagai tindakan preventif. Biasa digunakan pada industri pembangkit listrik, pertambangan, minyak & gas, pabrik kelapa sawit, refinery, pipa, baja, otomotif, elektronik, home appliance, dll.

Dengan demikian, Molykote HSC Plus dapat meningkatkan efektivitas dan keamanan dari bahaya karat dan kebakaran karena grease ini memiliki kelebihan:

  • Merupakan conductor grease
  • Grease tahan panas tinggi
  • Sebagai grease anti karat

Eonchemicals sebagai Master Distributor Molykote di Indonesia siap membantu Anda. Silakan hubungi kami.

Silakan share ke: