grease food grade lubricant pelumas

Industri makanan dan minuman memerlukan grease food grade halal untuk mesin-mesin produksinya. Food grade adalah istilah hasil standarisasi produk yang dapat digunakan untuk proses menghasilkan makanan atau minuman. Sedangkan halal adalah produk yang tidak melanggar syariat agama. Hal ini karena ada kemungkinan kontak antara pelumas dengan makanan dan minuman yang diproduksinya, seperti pada mesin press heater air kemasan, conveyor dll.

Ada customer yang bergerak dalam produksi air minum lokal di Jambi, tapi tidak menggunakan grease food grade untuk pelumasan mesinnya. Ini tentu akan menjadi masalah jika diaudit oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) setempat. Selain bermasalah bagi perusahaan, yang lebih mengkawatirkan adalah timbulnya masalah yang dialami oleh konsumen air tersebut. Selain tidak food rade, grease yang digunakan juga ternyata bukan jenis grease temperatur tinggi alias tidak tahan panas sehingga mudah meleleh.

Permasalahan
Tidak menggunakan food grade lubricant yang tahan panas menyebabkan berbagai masalah sebagai berikut:

  • Grease mudah meleleh dan membuat kotor di sekitar mesin press serta dapat terjatuh ke dalam kemasan air mineral sehingga membahayakan konsumen.
  • Penggunaan grease yang tidak food grade untuk industri makanan dan minuman bisa terkena sanksi saat diaudit oleh badan pengawas terkait seperti BPOM.

Solusi

Sebelum memberikan solusi untuk customer, Eonchemicals terlebih dahulu melakukan observasi lapangan agar bisa memberikan rekomendasi jenis lubricant yang paling sesuai. Observasi yang dilakukan menyangkut Load, Environment, Temperatur, Speed (LETS) dan data lainnya dengan hasil sebagai berikut:

  • Load : di bawah 5 kg
  • Environment  : Mesin terletak di dalam ruangan
  • Temperature : Mesin press heater +/- 300˚C, ruangan 25˚C
  • Speed : Tidak diketahui
  • Tempat aplikasi : Pada ulir mesin press heater air kemasan
  • Grease existing : Non food grade & tidak tahan panas

Berdasarkan hasil observasi tersebut, maka direkomendasikan untuk menggunakan pelumas food grade Molykote G-4500.

Molykote G-4500

Molykote G-4500 adalah grease sintetis multi purpose yang menggabungkan keunggulan berbagai suhu operasi dan kompatibilitas luas dengan bahan bervariasi. Mengandung pelumas padat putih yang dapat digunakan untuk melumasi bearing, gear, chain dan sliding di mesin pengolah makanan dan minuman.

Molykote G4500 merupakan food grade lubricant atau pelumas yang aman dan halal untuk industri makanan dan minuman sehingga konsumen tidak dirugikan. Perusahaan yang menggunakan grease food grade ini akan merasa aman jika diaudit oleh BPOM.

Silakan share ke: