high performance lubricant

Artikel ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya tentang tantangan pelumas industri oil & gas. Salah satu solusinya adalah aplikasi Molykote BR2 Plus, High Performance Lubricant. Adapun titik aplikasi dalam industri oil & gas dapat meliputi sebagai berikut:

HPL Castrol Pelumas Industri for Generator

Diesel Generator
Berfungsi untuk menyediakan tenaga listrik untuk keperluan rig dan berbagai mesin. Beberapa pekerjaan yang memerlukan genset seperti kegiatan drilling, pumping dan sebagai backup saat sumber tenaga utama mengalami kendala.

Kebutuhan: Oli yang punya stabilitas thermal yang baik, mampu bekerja pada kondisi beban berat dalam waktu yang lama.

Top Drives
Merupakan alat yang berfungsi untuk memutar pipa pengeboran dengan torsi tertentu. Ada 2 jenis top drive dalam dunia perminyakan, yakni sistem hidrolik dan sistem elektrik.

Kebutuhan: Oli yang memiliki stabilitas oksidasi yang baik sehingga mampu mencegah korosi dan aus pada peralatan serta dapat bekerja tahan lama agar tidak mengganggu produksi. Tahan terhadap tekanan tinggi.

High Performance Lubricant Application Point

Sistem Hidrolik
Banyak digunakan untuk alat alat pengangkutan, instrumentasi, valve dan lainnya. Oil servis yang banyak menggunakan sistem hidrolik seperti unit slickline, coil tubing, snubbing.

Kebutuhan: Oli yang tahan terhadap tekanan tinggi, mempunyai kandungan tambahan (additive) anti wear  untuk perlindungan pada peralatan hidrolik. 

HPL high performance lubricant oil Castrol.JPG

Gas Turbine Compressor
berfungsi untuk meningkatkan tekanan gas agar gas dapat dialirkan dari area produksi ke tempat penyimpanan.

Kebutuhan: oli yang memiliki kemampuan tahan oksidasi yang baik, mampu melindungi dari aus dan korosi.

High Performance Lubricant Application

Natural Gas Engine
Berfungsi untuk memberikan tenaga pada compressor, generator elektrik, fire pump. Kapasitas sump oil umumnya 300 – 800 liter dan drain interval 750 s/d 1500 jam operasi.

Kebutuhan: umumnya menggunakan oli jenis sintetik, tahan temperatur tinggi, umumnya melebihi 90 ˚C, tahan terhadap oksidasi dan nitrasi, long life oil & anti corrosion properties. 

HPL Air Compressor Menggunakan Pelumas Mesin Terbaik

Air Compressor
Proses pengolahan minyak mentah menjadi bahan bakar melibatkan beberapa tahapan yang kompleks yang membutuhkan mesin dengan tenaga udara yang optimal. Kompresor udara berperan penting dalam menyediakan tenaga untuk mesin-mesin tersebut, selain juga terlibat dalam proses pemurnian dan proses lainnya yang bertujuan mempermudah kegiatan operasional dalam industry perminyakan.

Kilang minyak menggunakan kompresor udara untuk bermacam keperluan. Udara bertekanan tinggi dapat membantu meningkatkan kualitas minyak mentah yang di murnikan dengan menghilangkan kandungan sulfurnya.

Proses di kilang minyak yang membutuhkan kompresor udara:

  • Hydrocracking
  • Hydrotreating
  • Desilfurization
  • Flue Gas Desulfurization
  • Hydrodesulfurization
  • Catalytic Reforming
  • Fluid Catalytic Cracking
  • Delayed Cooking
  • Steam Reforming
  • Pressure Swing Adsorption
  • Flare Gas Recovery
  • Hydrogen Production

Kebutuhan:
Reciprocating / piston compressor perlu menggunakan oli compressor yang tahan terhadap tingginya laju penguapan, tahan oksidasi, tahan aus dan mampu mencegah pembentukan deposit. ISO VG 32-150 dan umumnya tipe oli sintetik. 

Rotary Screw Compressor membutuhkan oli compressor yang mampu menahan pembentukan foam, tahan temperatur tinggi, menahan aus dan menahan pembentukan lumpur & deposit. ISO VG umumnya antara 32-68 base oil sintetik.

Untuk info dan free konsultasi tentang High Performance Lubricant silakan chat via WA.

Silakan share ke: