kelebihan pac penjernih air dibanding tawas

Poly Aluminium Chloride (PAC) adalah chemical yang banyak dipakai untuk penjernihan air. PAC penjernih air ini merupakan koagulan yang memiliki banyak keunggulan dibanding Aluminium Sulfat (Tawas), yang juga merupakan koagulan untuk penjernihan air. Berikut ini adalah berbagai keunggulan Poly Aluminium Chloride (PAC) yang penting untuk diketahui.

1. Lebih Aman
Pemakaian Poly Aluminium Chloride (PAC) untuk proses penjerniah air atau water treatment memiliki dampak korosi yang rendah. Hal ini karena air hasil pengolahan tidak mengalami penurunan pH yang tajam seperti pada penggunaan koagulan Aluminium Sulfat. Fenomena ini dapat dilihat dari reaksi yang terjadi sebagai berikut:

Poly Aluminium Chloride (PAC)
Al2(OH)5Cl + H2O → 2Al(OH)3 + H+

Aluminium Sulfat
Al2(SO4)3  + 6H2O → Al(OH)3 +6H+

Dari reaksi di atas dapat dilihat bahwa pada reaksi hidrolisis, Aluminium Sulfat dalam air melepas 6 ion H+, sedangkan pada reaksi hidrolisis PAC hanya dilepaskan 1 ion H+. Ini menyebabkan pH air yang menggunakan Aluminium Sulfat bersifat lebih asam daripada yang menggunakan koagulan PAC.

Semakin asam sebuah sistem, maka kecenderungan terjadinya korosi lebih besar. Itulah alasan mengapa penggunaan Poly Aluminium Chloride (PAC) lebih aman.

2. Kualitas dan Biaya
Kualitas air olahan PAC penjernih air lebih baik. Selain itu, biaya perawatan pun lebih rendah dibanding menggunakan Aluminium Sulfat atau tawas sebagai penjenih air.

3. Proses Lebih Cepat
Proses koagulasi dengan Poly Aluminium Chloride (PAC) berjalan lebih baik sehingga waktunya lebih singkat untuk bereaksi jika dibandingkan menggunakan tawas atau Aluminium Sulfat.

4. Rentang pH
Poly Aluminium Chloride (PAC) mempunyai rentang pH yang luas (5 – 9), sedang Alumunium Sulfat rentang pH-nya 6-8

5. Konduktivitas Rendah
Kadar Aluminium dan garam yang tersisa di air yang diolah dengan PAC penjernih air lebih rendah (daya konduksi rendah), yang akan menguntungkan pada proses demineralized.

keunggulan dan kelebihan pac vs tawas

Hasil penelitian laboratorium untuk pengolahan air dengan Poly Aluminium Chloride (PAC) di sungai Kalimas Surabaya pada musim hujan, dosis optimumnya adalah 75 ppm, waktu pengadukan 10 menit dengan kecepatan 100 rpm. Nilai turbiditas air sungai hasil penjernihan 0,8 NTU, TSS 141,8 mg/L, pH larutan 5,86. Pada musim kemarau hasil treatment terbaik pada dosis PAC 50 ppm.

Ref.: Budiman, “Kinerja Koagulan Poly Aluminium Chloride”  – Jurnal Ilmiah

Berapa Dosis untuk Lapangan Anda?
Setiap tempat memiliki dosis optimum yang berbeda tergantung tingkat kekeruhan dan pengotor yang terkandung dalam air yang akan diolah. Karena itu, sebaiknya Anda lakukan uji terlebih dahulu dalam skala lab sebelum diaplikasikan di lapangan.

Jika air ini selanjutnya akan digunakan sebagai air umpan boiler atau untuk injek formasi lapangan minyak (oilfield), maka diperlukan chemical scale inhibitor untuk mencegah pertumbuhan kerak pada pipa.

Untuk info lebih lanjut tentang PAC penjernih air silakan hubungi kami.

Silakan share ke: