kimia pembersih kerak

Bagaimana tip memilih kimia pembersih kerak yang cocok untuk condenser Anda? Masalah kerak atau scale yang terjadi pada water cooler condenser disebabkan oleh kualitas air yang digunakan sebagai media pendingin. Air yang masuk pada condenser apabila tidak dilakukan chemical treatment seperti penggunaan scale inhibitor dan corrosion inhibitor serta biocide akan menyebabkan kerak, deposit dan slime yang berpengaruh terhadap performa condenser.

Selain ketiga chemical tersebut, yang perlu diperhatikan adalah make up dan blowdown air pada cooling tower sesuai dengan parameter kualitas yang disyaratkan.

Bila performa condenser sudah mulai menurun, hal yang harus dilakukan adalah melakukan proses cleaning untuk menghilangkan kerak-kerak yang sudah menempel pada condenser sehingga performanya akan kembali baik seperti semula.

kimia pembersih kerak

Berikut ini adalah tips yang perlu diperhatikan saat melakukan cleaning condenser:

  1. Pilihlah chemical atau kimia pembersih kerak yang compactible dengan material condenser. Biasanya material tube condenser terbuat dari tembaga. Jenis bahan ini dipilih oleh produsen dengan pertimbangan ketahanan korosi dan daya hantar panas yang baik. Penggunaan kimia yang tidak tepat untuk menghilangkan kerak akan menyebabkan kerusakan pada material.
  2. Pada saat sirkulasi chemical, lakukan monitoring pH secara bertahap. Kerak hardnes bersifat basa sehingga trend pH akan cenderung naik. Parameter untuk menentukan condenser sudah bersih, adalah ketika pH chemical sudah mulai stabil (pH 1-3)
  3. Flushing chemical dengan air bersih jika dirasa proses cleaning dengan kimia pembersih kerak sudah selesai. Pastikan pH air setelah flushing menjadi netral (pH = 7) sehingga tidak menimbulkan problem lanjutan.
  4. Jika dirasa penggunaan air terlalu banyak pada saat flushing, bisa menggunakan chemical penetral, misalnya pH adjuster.

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut seputar kimi pembersih kerak silakan hubungi kami.

Silakan share ke: