metal coating anti karat

Jenis metal coating anti karat apa yang digunakan di industri Anda? Saat ini, struktur bangunan industri lebih didominasi oleh penggunaan struktur metal. Hal ini karena penggunaannya tidak memakan banyak waktu. Struktur metal sering digunakan pada bangunan pabrik, workshop, warehouse dan lainnya. Biasanya menggunakan jenis H Beam, pipa konstruksi, L Beam, plat bordes dan lainnya.

Mengapa Perlu Metal Coating Anti Karat?
Banyaknya penggunaan struktur metal pada bangunan industri tentunya membutuhkan perlindungan terbaik. Ini karena sifat dari material metal yang dapat terkorosi akibat pengaruh kontak dengan lingkungan. Menurut ISO 9223, lingkungan area industri termasuk dalam kategori C4-C5 dengan tingkat korosifitas metal yang tinggi hingga sangat tinggi.

Hal ini dipengaruhi dari aktivitas industri tersebut dan juga kondisi alami tempat kawasan industri berada. Contohnya pada kawasan industri Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) yang sering berada pada dataran tinggi, sehingga tingkat humidity lingkungannya juga tinggi. Ditambah dengan lingkungan yang asam dari gas buang yang dihasilkan dari proses industri, menyebabkan efek korosifitas metal semakin meningkat.

cat anti karat untuk logam

Tingginya tingkat korosifitas pada struktur konstruksi bangunan industri ini dapat ditangani dengan menggunakan jenis dan sistem metal coating anti karat yang tepat. Pemilihan cat pelindung yang akan digunakan ini juga melihat dari lokasi struktur metal, apakah ada di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor).

Struktur atau konstruksi besi yang ada di luar ruangan membutuhkan sistem coating yang dapat memberikan perlindungan terhadap pengaruh perubahan cuaca dan sinar UV agar ketahanan dan kekuatan coating tetap terjaga dan memberikan perlindungan korosi yang maksimal.

coating eon eoncoat551

Penggunaan sistem pelindung dengan 2 lapisan dapat membantu menahan efek korosi pada struktur metal bangunan. Bahan jenis epoxy zinc sebagai lapisan primer dapat menempel kuat di permukaan struktur metal serta kandungan zinc di dalamnnya yang memberikan perlindungan ekstra kuat terhadap korosi. Lapisan terluar dapat menggunakan metal coating anti karat jenis lainnya tergantung kebutuhan pemakaian dan lokasi area struktur konstruksi bangunan.

Kondisi area di dalam ruangan serta area luar dengan lingkungan normal cukup menggunakan jenis alkyd coating yang mudah diaplikasikan sebagai lapisan terluar. Tetapi dalam case tertentu yang membutuhkan ketahanan terhadap paparan uap asam baik dari proses industri ataupun kondisi lingkungan asam sehingga perlu lapisan coating  terluar yang lebih kuat. Ini bisa menggunakan jenis epoxy coating kembali untuk struktur metal di dalam ruangan dan juga jenis polyurethane coating untuk di luar ruangan agar tahan terhadap paparan sinar UV.

jenis coating untuk konstruksi metal bangunan

Untuk beberapa kasus tertentu apabila konstruksi bangunan sudah mengalami korosi dengan tingkat yang cukup parah, perlu diberikan perlindungan ekstra seperti pemberian EonVer 344 untuk pasivator karat, ataupun MetBond 581 untuk menambal bagian logam yang sudah menipis/coak.

Silakan hubungi kami untuk free konsultasi tentang metal coating anti karat yang cocok untuk industri Anda.

Silakan share ke: