molykote hsc plus

Artikel ini merupakan success story aplikasi Molykote HSC Plus dalam mengatasi masalah hotspot di gardu listrik. Hotspot pada setiap lempengan di gardu induk merupakan salah satu problem yang sangat penting untuk diperhatikan, karena untuk memperbaiki satu lempengan yang terjadi hotspot dibutuhkan team PDKB PLN. Problemnya, team PDKB biasanya terbatas dan banyak problem yang harus diselesaikan. Karena itu tingkat terjadinya hotspot harus dapat dikurangi.

Hotspot dapat terjadi karena ada bagian lempengan yang nilai tahanan atau hambatannya meningkat. Meningkatanya hambatan logam biasanya karena terjadi masalah korosi.

Solusi

Untuk mengatasi masalah tersebut, Eonchemicals melakukan uji coba pemakaian Molykote HSC Plus Pasta. Produk yang digunakan untuk kombinasi antar logam yang terkena suhu tinggi dan kontak gesekan seperti sambungan baut. Cocok untuk titik pelumasan dengan kecepatan rendah, mengalami suhu tinggi dan efek korosif dan juga membutuhkan koefisien gesekan yang rendah dan konstan. Molykote tipe ini merupakan grease konduktor.

HSC Plus termasuk jenis pelumas pasta tahan panas yang dapat digunakan pada berbagai temperatur. Dapat digunakan untuk kapasitas pengangkutan beban yang tinggi.

Berdasarkan tipe produk, pelumas HSC Plus Molykote ini termasuk Anti-Seize Paste (pelumas pasta), dengan kandungan pelumas padat berupa copper, MoS2 dan white solids. Termasuk pelumas mineral oil yang tahan temperatur panas hingga 1100°C dan tahan temperatur dingin hingga -30°C.

Hasil Uji Coba

1. Performance fisik
Baut yang dilapisi Molykote HSC Plus pasta tidak mengalami perubahan bentuk (tidak berkarat).

molykote hsc plus

2. Penurunan hambatan (Ω)
Nilai hambatan yang dihasilkan sesudah menggunakan pelumas Molykote pasta HSC+ berkurang. Jadi, pelumas Molykote ini efektif untuk menahan arus yang los, dan bersifat konduktor.

Percobaan pertama

  • Tanpa Molykote HSC+ : 662,4 mΩ
  • Dengan Molykote HSC+ : 114,5 mΩ

Percobaan kedua

  • Tanpa Molykote HSC+ : 548,5 mΩ
  • Dengan Molykote HSC+ : 114,5 mΩ

Percobaan ketiga

  • Tanpa Molykote HSC+ : 548,5 mΩ
  • Dengan Molykote HSC+ : 144,7 mΩ
molykote hsc plus lubricant paste

Kesimpulan
Pelumas Molykote HSC+ berhasil dalam
– Melindungi baut dari karat, dan
– Menurunkan hambatan
sehingga hotspot berkurang.

Molykote HSC Plus related post: Molykote Longterm 2 Plus

Silakan share ke:

Click Here Chat Via WA
Free konsultasi, info, sampel/trial