oil spill dispersant chemicals

Oil spill dispersant (OSD) adalah chemical yang berfungsi untuk mengatasi masalah minyak yang tumpah ke perairan (laut, sungai, dsb). Sesuai namanya, dispersant chemical ini cara kerjanya dengan mendispersi minyak.  Setelah terdispersi, minyak akan tersebar sehingga kandungan minyak di dalam air menjadi di bawah batas konsentrasi yang membahayakan. Selanjutnya terjadi proses biodegradasi minyak oleh bakteri atau fungi.

Dispersant chemical ini akan lebih optimal untuk pemakaian di daerah yang luas sehingga penyebaran minyak yang terdispersi lebih mudah. Adanya agitasi atau pengadukan juga dapat membuat kerja dispersant lebih baik. Untuk minyak yang tumpah di laut, ombak merupakan agitasi alami yang cukup membantu.

Jenis Oil Spill Dispersant
Dispersant chemical untuk menangani tumpahan minyak secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu water base dan hydrocarbon solvent base.

1. Water Base

  • Efektif untuk minyak ringan hingga medium
  • Biodegradable dan tidak berbahaya
  • Larut dalam air

2. Hydrocarbon Solvent Base

  • Untuk minyak dengan viskositas tinggi seperti heavy crude dan waxy
  • Relatif kurang biodegradable
  • Membentuk emulsi dalam air

Metode Aplikasi
Berdasarkan jumlah dan cakupan minyak yang tumpah, metode aplikasi chemical dispersant yang biasa digunakan adalah sebagai berikut:

aplikasi OSD chemicals dispersant

1. Back Pack Sprayer
Untuk tumpahan minyak yang sedikit

2. Hose
Untuk tumpahan minyak medium atau yang agak luas

3. Tugboat
Untuk tumpahan minyak yang luas

4. Plane
Untuk tumpahan minyak yang sangat luas

EONSPILL 500
EONSPILL 500 merupakan oil spill dispersant (OSD) yang efektif untuk mendispersi minyak dalam air tawar maupun air laut, dan memiliki toksisitas yang sangat rendah terhadap ikan, binatang laut dan tanaman pantai. Bahkan, bahan kimia yang termasuk maintenance chemicals ini bisa disebut non on toxic karena memiliki nilai LD50 > 15000 mg/Kg, dan LC50 > 100 ppm. EONSPILL 500 merupakan OSD jenis water-base dengan keunggualan:

  • Ekonomis & efisien
  • Konsentrasi pemakaian: 5-100%
  • Tidak mudah terbakar, karena water-base
  • Biodegradable

Catatan: Karena EONSPILL 500 bukan OSD jenis hidrokarbon, maka tidak cocok untuk heavy crude oil & waxy

Dosis Pemakaian EONSPILL 500
Secara umum, 2 faktor yang paling berpengaruh terhadap kecepatan dispersi yaitu: (1) Ketebalan minyak, dan (2) Jumlah pemakaian dispersant. Untuk hasil yang efektif, disarankan menggunakan Dispersant to Oil Ratio (DOR) sekitar 1 : 20 atau 5%.

Tips Pemakaian Dispersant

Ukuran droplet secara umum disarankan di antara 300 – 800 micron supaya optimum. Jika ukuran droplet lebih kecil, maka akan lebih mudah terbawa angin. Sebaliknya, jika ukuran droplet terlalu besar, maka akan melewati lapisan minyak dengan cepat dan masuk ke air, sehingga tidak efisien pemakaiannya.

Aplikasikan sesegera mungkin setelah terjadi tumpahan minyak, sebelum terjadi emulsifikasi.

Tumpahan minyak yang berada di tempat yang sensitif (berkumpulnya hewan dll) harus ditangani terlebih dahulu.

OSD harus diaplikasikan hanya pada bagian minyak yang paling tebal (coklat atau abu-abu kusam), bukan ke lapisan minyak berwarna perak atau pelangi supaya dispersant bekerja lebih efektif dan tidak over-treated.

Monitoring
Monitor aplikasi OSD perlu dilakukan untuk mengetahui efektivitas dan acuan keberhasilan. Bisa dilakukan secara visual. Jika air mulai tampak jernih, dan warna minyak sudah mulai menjadi abu-abu atau coklat tipis mengindikasikan bahwa dispersant sudah bekerja.

Selain OSD, jenis maintenance chemicals yang sering diperlukan adalah scale remover chemical untuk menghilangkan kerak yang telah terbentuk baik di boiler, maupun di pipa dan perangkat industri lainnya.

Keyword: Eonchemicals jual oil spill dispersant Jakarta, Surabaya, Kalimantan dan daerah-daerah lainnya seluruh Indonesia.

Jika memerlukan info lebih lanjut tentang oil spill dispersant silakan hubungi kami.

Silakan share ke: