pasta thermal paste heatsink compound

Pasta thermal adalah pasta yang memiliki daya hantar panas sangat baik, sehingga panas yang dihasilkan komponen akan cepat terbuang keluar. Karena itu, pasta ini juga sering disebut dengan pasta pendingin.

Pertanyaan terkait hal tersebut yang sering ditemui adalah:

  • Bagaimana cara meningkatkan kualitas produk dengan penggunaan pasta yang tepat?
  • Apakah semua produk thermal paste itu sama?
  • Bagaimana cara memilihnya, dan menentukan kualitas yang tepat?
  • Bagaimana komponen elektronika dapat menjadi lebih awet dengan pasta yang tepat?

Banyak yang tidak menyadari jika salah dalam memilih pasta pendingin dapat mengakibatkan komponen elektronika mudah rusak, tidak dapat bertahan sampai masa garansi habis, retur produk tinggi dan yang terparah dapat merusak brand image produk Anda.

Kerugian-kerugian tersebut kadang tidak diperhitungkan dan tidak dilakukan tindakan penanganan. Padahal, dengan pemakaian pasta pendingin yang tepat dapat menyelesaikan masalah di atas. Tentunya, total cost akan menurun sehingga lebih menguntungkan.

Mengapa Perlu Pasta Thermal?
Komponen elektronik semikonduktor termasuk transistor, CPU (Central Processing Unit), GPU (Grafik Processing Unit), dan COB (Chip on Board), serta LED (Light Emitting Diode) dapat menghasilkan panas. Karena itu, komponen tersebut perlu menggunakan pasta thermal untuk membantu pembuangan panas.

Pasta thermal (thermal paste) selain dikenal sebagai pasta pendingin, nama lainnya adalah: thermal gel, thermal compoud, heat paste, heat sink paste atau heatsink compound. Sesuai dengan namanya, materi ini berbentuk pasta atau cairan kental yang memiliki sifat seperti minyak, berguna untuk meningkatkan konduktivitas thermal antara dua permukaan dengan mengisi celah-celah mikroskopis.

Cara Kerja Thermal Paste
Fungsi utama thermal paste sebenarnya tidak secara langsung untuk mendinginkan, tetapi untuk melancarkan rambatan panas yang dihasilkan oleh komponen menuju heatsink agar mudah dilepaskan ke udara (heat dissipation) sehingga komponen tidak akan cepat panas. Untuk lebih jelasnya, lihat ilustrasi cara kerja thermal pasta atau heat sink compound pada gambar di bawah ini.

pasta thermal paste heat sink compound

Pemilihan pasta pendingin atau heat sink compound yang tidak tepat dapat mengakibatkan umur produk tidak lama, bahkan tidak sampai masa garansi, retur meningkat dan pada akhirnya dapat merusak brand image dari produk Anda.

Dowsil 340 Heatsink Compound
Adalah product thermal paste yang mempunyai daya hantar panas sangat baik dan dapat meningkatkan daya tahan komponen tersebut dengan cara mengisi celah antara kedua permukaan sehingga pelepasan panas lebih cepat dan maksimal.

Untuk mengetahui spesifikasi detail dan informasi lebih lanjut tentang produk pasta thermal ini, silakan baca artikel Heatsink Compound di situs ini.

Silakan share ke: