pelumas terbaik

Pelumas biasanya basah dan kotor… betul, kan? Tapi tidak untuk yang satu ini: Anti Friction Coating (AFC). Pelumas kering dan bersih seperti cat dengan teknologi baru ini, pantas menyandang predikat sebagai pelumas terbaik. Selain propertinya yang sangat bersahabat (kering dan bersih), AFC mampu memberikan pelumasan efektif pada lingkungan kerja berdebu.

Lingkungan kerja yang berdebu memberikan tantangan yang besar dalam pelumasan komponen mesin Anda seperti baut, engsel, rantai, dan lainnya. Paparan kontaminasi yang tinggi memungkinkan pelumasan menjadi tidak efektif lagi. Salah satu buktinya, bisa Anda lihat pada laju pembentukan karat yang cepat pada komponen tersebut akibat debu & partikel kontaminan yang menempel pada grease atau oli.

Kerugian Akibat Karat
Karat tidak hanya mengganggu secara visual, tetapi juga memberikan konsekuensi fatal seperti penurunan produktivitas, ancaman keselamatan kerja dan downtime. Semua konsekuensi ini tentu menyebabkan kerugian finansial yang sangat besar.

pelumas terbaik

Banyak perusahaan mengabaikan masalah karat dan kurang memahami besarnya jumlah kerugian yang diakibatkan olehnya. Sebuah laporan menujukkan bahwa besaran kerugian karena karat dapat menyentuh angka $2.5 Triliun. Angka yang sangat fantastis, setara dengan 3.4% GDP Global.

Pelumas Solusi untuk Mencegah Karat
Tahukah Anda, ada pelumas untuk mencegah karat dengan mudah dan praktis serta tetap memberikan pelumasan yang baik, melindungi komponen mesin dari aus serta menghemat biaya Anda secara signifikan? Molykote Anti Friction Coating adalah jawabannya…

Molykote Anti Friction Coating

Gambar permukaan dengan perbesaran 1000x. Sebelah kiri sebelum aplikasi AFC Molykote, sebelah kanan setelah aplikasi.

Molykote Anti Friction Coating (AFC) merupakan pelumas kering seperti cat yang dapat memberikan pelumasan yang sangat baik pada kondisi lingkungan kerja yang ekstrim. AFC sangat ekonomis untuk diaplikasikan, pelumasan lebih tahan lama.

Molykote AFC adalah salah satu brand dari Dupont yang bersaing ketat dengan beberapa merk terkenal di dunia seperti Total, Klubber, Bechem, Fuchs, Shell, Castrol dan Mobil. Pelumas kering ini telah banyak digunakan di berbagai industri seperti otomotif, pipa, pertambangan dan perminyakan.

Jika dibandingkan dengan pelumas grease atau pelumas pasta, AFC sebagai pelumas terbaik memberikan beberapa keuntungan seperti:

  • Kering, bersih, tidak terpengaruh debu, kotoran dan kelembaban
  • Tahan lama, tidak mengalami penuaan, oksidasi maupun penguapan
  • Tidak terbakar, tidak meninggalkan noda pada permukaan logam atau plastik
  • Ketebalan lapisan film dapat dikontrol sesuai kebutuhan, terukur dan terencana
  • Tipe pelumas yang sangat efektif, sekalipun telah shutdown dalam jangka waktu lama

Bagaimana Anti-Friction Coatings bekerja?
Anti-Friction Coating  (AFC) dari Molykote mengandung pelumas padat yang telah bercampur dengan resin dan solvent. Setelah diaplikasikan ke permukaan logam atau plastik, material seperti cat ini akan menempel dengan kuat pada permukaan dan membentuk lapisan film yang licin, kering dan bersih. Lapisan film ini akan melindungi permukaan dari gesekan antar logam atau plastik bahkan saat kondisi terkena beban berat.

Tabel perbandingan properti AFC Molykote D 321R dan 3402C LF

pelumas terbaik anti friction coating

Referensi: dupont.com

Success Story
Pro long interval lubrication and cut downtime; aplikasi Molykote 3402C LF pada rantai RC Drilling.

Problem

  • Lingkungan berdebu, pemakaian pelumas basah seperti grease atau oli akan berakibat pada menempelnya debu ke rantai, menyebabkan karat dan memperpendek umur pakai rantai
  • Umur pakai rantai akan semakin pendek jika tidak menggunakan pelumas, biaya penggantian rantai sangat mahal + downtime alat tinggi menyebabkan lost production

Solusi : Aplikasi AFC

  • Rantai tidak perlu dilumasi selama 3 minggu, memotong downtime untuk pelumasan
  • AFC tetap menempel pada rantai, memberikan pelumasan kontinyu, perlindungan karat yang kuat dan availability unit tetap optimal dan tidak terganggu

PT Eonchemicals Putra sebagai Master Distributor Molykote di Indonesia siap membantu proses improvement di industri Anda untuk meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya dengan pelumas terbaik.

pelumas terbaik molykote anti friction coating

Segera hubungi kami untuk free konsultasi atau info lebih lanjut.

Silakan share ke: