persyaratan air umpan boiler.jpg

Tujuan ditetapkannya persyaratan air umpan boiler atau boiler feed water adalah agar boiler dapat beroperasi tanpa masalah dan untuk meningkatkan efisiensi agar biaya operasional boiler lebih optimal.

Secara umum, persyaratan air umpan boiler harus bebas dari zat-zat yang dapat menyebabkan timbulnya masalah kerak, korosi pada boiler atau boiler carryover. Berikut adalah tabel persyaratan detailnya.

persyaratan air umpan boiler feed water

Untuk memenuhi persyaratan tersebut, maka diperlukan water treatment dengan baik. Water treatment untuk air umpan boiler biasanya meliputi 4 hal, yaitu: (1) Clarification & Filtration (2) Softening (3) Demineralizing (4) Gas treatment

Clarification & Filtration

  • Bertujuan untuk mengikat kotoran dan mengendapkannya
  • Menggunakan coagulant dan atau floculant
  • Coagulant bekerja dengan menetralisir muatan partikel, sehingga partikel lebih mudah menyatu dan mengendap
  • Flocculant berfungsi sebagai rantai polimer panjang untuk mengikat partikel-partikel koloidal
  • Jika ingin menggunakan keduanya, maka lakukan treatment dengan coagulant terlebih dahulu kemudian disusul dengan floculant

Softening

  • Softening bertujuan untuk menghilangkan Ca dan Mg (kation) yang berpotensi membentuk scale
  • Kation tersebut di atas digantikan dengan Na yang lebih lunak (softening water)

Demineralizer

Tujuannya adalah untuk menghilangkan kation (Ca+, Mg+) dan anion (CO3, HCO3) dalam air, yang dapat dilakukan dengan cara:

  • Deionisasi (menggunakan resin), atau
  • Reverse osmosis (filtrasi membrane)

Gas Treatment

Air umpan boiler harus aman dari gas-gas yang dapat menimbulkan masalah korosi, khususnya gas oksigen yang paling berbahaya. Untuk memenuhi persyaratan ini, biasanya dilakukan dengan treatment secara mekanik dan kimia.

Treatment secara mekanik menggunakan deaerator, sebuah plant yang prinsip kerjanya adalah dengan memanaskan air umpan dan agitasi (pengadukan) baik dengan cara penyemprotan maupun sistem tray. Dengan adanya pemanasan, maka kelarutan gas dalam air akan menurun sehingga mudah lepas. Dengan agitasi, pelepasan gas akan lebih mudah terjadi.

Adapun cara kimia biasanya menggunakan oxygen scavenger boiler untuk mengurangi kadar dissolved oxygen. Dosis pemakaian boiler chemicals ini perlu dihitung secara cermat agar hasilnya optimal. Silakan baca artikel berjudul “Oxygen Scavenger Boiler, Fungsi dan Cara Menentukan Dosisnya” di website ini.

Upayakan semua persyaratan air umpan boiler terpenuhi agar tidak terjadi problem boiler yang sangat merugikan, sehinga biaya operasionalnya lebih optimal.

Silakan share ke: