prinsip kerja deaerator

Dearator adalah alat yang berfungsi untuk menghilangkan kandungan oksigen dan gas-gas terlarut dalam air. Prinsip kerja deaerator adalah dengan: (1) Pemanasan (2) Agitasi dan (3) Peniupan oksigen yang telah terlepas dari air.

Alat ini biasanya digunakan dalam pengolahan air umpan boiler. Kegagalan dalam menghilangkan oksigen dapat menyebabkan masalah pada boiler yang sangat serius.

1. Pemanasan
Hubungan temperatur dengan kelarutan oksigen dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

cara kerja deaerator via kelarutan oksigen

Semakin rendah temperatur air, kelarutan oksigen makin tinggi. Hal ini berarti oksigen sulit untuk terlepas dari air sehingga nilai oksigen terlarut akan tinggi. Jika oksigen terlarut tinggi maka potensi terjadinya korosi akan semakin tinggi pula.

Sebaliknya, jika temperatur air tinggi maka kelarutan oksigen menurun. Hal ini berarti oksigen mudah terlepas dari air, dan kandungan oksigen menjadi kecil. Dengan sifat inilah maka faktor pemanasan menjadi prinsip kerja dearator yang perlu diperhatikan.

Dengan kecilnya jumlah oksigen terlarut dalma air, maka potensi terjadinya korosi juga akan kecil. Jika temperatur dearator > 95 deg.C nilai kelarutan oksigen sudah ± ≤ 1ppm.

Untuk memanaskan deaerator menggunakan steam yang dihasilkan oleh boiler. Karena itu, perluu diperhatikan hal-hal berikut ini:

Supply steam ke deaerator
Supply steam ke deaerator  harus cukup agar bisa meningkatkan temperature air dan juga bisa mempertahankan temperatur air di dalam tanki deaerator.

Tipe pompa yang digunakan
Tipe pompa yang digunakan harus mampu bekerja pada temperature tinggi. Hal ini bertujuan agar aliran air yang menuju dearator tetap terjaga sehingga kondisi vakum dan temperature di dearator bisa maksimal.

jika temperature dearator tidak bisa dijaga diatas ≥ 95 deg. C, nilai oksigen terlarut pada air umpan boiler menjadi tinggi, sehingga perlu dilakukan langkah preventif yaitu injeksi chemical oksigen scavenger, dimana dosis akan disesuaikan dengan banyaknya oksigen terlarut pada air. PT Eonchemicals Putra memiliki chemical oksigen scavenger dengan bahan aktif sulphite dan hydrazien yang mampu bekerja menangkap oksigen terlarut dalam air umpan boiler.

2. Agitasi
Selain dengan pemanasan, untuk mempercepat hilangnya oksigen dengan cara agitasi atau pengadukan yang meliputi spray (penyemprotan) dan tray (tatakan). Lihat gambar paling atas.

3. Peniupan
Setelah oksigen terlepas, baik dengan sistem pemanasan maupun dengan agitasi, maka selanjutnya ditiup keluar dengan steam.

Untuk konsultasi lebih lanjut tentang prinsip kerja deaerator atau tentang boiler chemicals silakan hubungi kami.

Silakan share ke: