wire rope lubricant

Steel wire rope lubricant yang Anda gunakan sudah benar? Wire rope atau tali baja adalah sebuah alat yang sering sekali dijumpai pada berbagai industri. Wire rope terdiri atas kawat yang disusun sedemikian rupa membentuk tambang. Penggunaannya antara lain sebagai komponen crane untuk mengangkat beban, dredging , drilling line, shovel, tower crane, gondala dan masih banyak lagi.

masalah wire rope problem

Masalah Wire Rope
Wire rope sangat berperan penting pada sebuah alat. Jika terjadi karat, rusak atau putus maka terjadi downtime atau stop produksi yang tentunya sangat merugikan. Wirerope terdiri atas banyak serat kawat (wire & strand) yang semua bagian tersebut perlu mendapatkan pelumasan dengan baik.
Beberapa masalah yang sering kita temui di lapangan adalah :

  • Grease cepat kering dan hanya melapisi permukaan wire rope
  • Maintenance tidak terjadwal sehingga wire rope tiba-tiba putus (tidak sesuai lifetime)
  • Penggunaan grease lubricant wire rope yang tidak tepat
  • Penggunaan oli bekas sebagai pelumas. Oli bekas mempunyai keasaman dan residu yang tinggi, hal ini membuat wire rope mudah berkarat dan putus
  • Penggunaan oli biasa. Daya penetrasinya kurang, sehingga oli menetes dan tidak bisa melumasi hingga ke bagian dalam
pelumas wire rope

Solusi untuk Masalah Wire Rope
Agar wire rope tidak berkarat dan putus, solusinya menggunakan wire rope lubricant yang tepat. Yaitu lubricant atau pelumas yang dapat melumasi seluruh bagian wire rope sehingga dapat melindunginya dari ancaman karat hingga ke bagian core.

Baca artikel tentang pelumas kualitas tinggi, Molykote Food Grade Lubricant

tambang baja

Banyak kasus lapangan disebabkan karena salah dalam memilih lubricant sehingga tidak dapat melumasi wirerope sampai ke bagian corenya.

Karena itu, dalam memilih pelumas wire rope harus memperhatikan daya penetrasinya atau NLGI Grade  Penetration.

NLGI Grade Penetration
Selain diklasifikasikan berdasar thickener, grease juga diklasifikasikan berdasarkan pada tingkat kekerasan dan kelembutannya. National Grease Lubrication Institute (NLGI) telah mengeluarkan beberapa klasifikasi angka yang menunjukkan tingkat kekentalan grease.

nlgi grease penetration table

Grease dengan NLGI Penetration 000 adalah yang paling tepat untuk pelumasan pada wire rope, dengan daya penetration 445 – 475 mm sangat bagus daya penetrasinya sehingga dapat melumasi seluruh bagian wire rope dengan sempurna. Lihat aplikasi kedua jenis grade di bawah ini:

aplikasi wirerope lubricant

Perbedaannya cukup jauh dibandingkan dengan pelumas yang ada di pasaran (NLGI 2) yang hanya mempunyai daya penetrasi 265 – 295 mm.

chemicals untuk wire rope

Eonwire 230 Wire Rope Lubricant
Adalah campuran pelumas dan anti karat untuk memelihara kawat seling. Melekat pada permukaan kawat seling dan melindungi kawat terhadap gesekan dan karat. Tidak akan meleleh atau menetes pada tekanan tinggi atau temperatur tinggi. Eonwire 230 mengandung campuran lubricant, additive dan zat anti karat.

Dengan NLGI 000 Eonwire 230 memberikan perlindungan maksimal pada wire rope baik sebagai pelumas dan juga sebagai anti karat. Berikut ini adalah data hasil trial perbandingan beberapa grease dengan Eonwire 230.

trial pelumas grease wire rope

Dari hasil trial dengan beberapa merk wire lubricant lain, diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

  • Eonwire 230 bisa bertahan 7 hari dengan 208 work hour dan 150.853 tonase, tahan lama (2 kali lipat) dibanding grease dengan NLGI 2 yang hanya bertahan 3 hari
  • Eonwire 230 lebih hemat, selama 57 hari hanya membutuhkan 7 can Eonwire 230 atau lebih hemat 3,5 liter dibanding merk lainnya
  • Terlihat basah dan tidak kering

Kesimpulan
Eonwire 230 Steel Wire Rope Lubricant, solusi hemat untuk melindungi tambang baja Anda dengan hasil memuaskan. Hubungi kami untuk free konsultasi.

Silakan share ke: